Keutamaan Sholat Tahajud

February 1, 2021 |
q1

Pitiindonesia.com @ Medan – Sesudah kita menunaikan Shalat Wajib, untuk menambah keimanan dan menjauhkan kita dari cobaan dunia, selaku umat muslim yang ingin mendekatkan dirinya dengan Rob- Nya maka perlu adanya hubungan khusus yakni Sholat Tahajud.

Sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan dilaksanakan sesudah tidur sebentar. Sholat sunnah itu dikenal Sholat tahajud atau disebut dengan sholat malam (Qiyamul Laili).

“Dan pada sebagian malam hari bersholatlah tahajud kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”, QS. Al-Israa’: 79.

Sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan dilaksanakan sesudah tidur sebentar. Sholat sunnah itu dikenal Sholat tahajud atau disebut dengan sholat malam (Qiyamul Laili)

Disebutkan dalam buku ‘Shalat Tahajud dan Shalat Hajat’ karya Mahmud asy-Syafrowi menuliskan beberapa hadits yang berisi tentang keutamaan sholat tahajud. Sholat tahajud disebutkan menjadi sholat sunnah yang paling utama setelah sholat fardhu.

Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW, “Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat di tengah malam. Dan puasa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa bulan Allah yang dimuliakan.” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Untuk itu, Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia Provinsi Sumatera Utara mengajak umat Muslim dapat memperbaiki akhlak dan menjalani syariat secara konsekuen.

Adapun Tata cara sholat tahajud yakni,

1. Dimulai dengan, Membaca niat sholat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya: “Aku niat sholat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

2. Setelah membaca niat, langsung lakukan sholat tahajud 2 rakaat dengan 2 kali sujud dan 1 kali salam. Lalu lakukan pengulangan sholat 2 rakaat jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah Saw.

3. Usai sholat dan ucapkan salam, dilanjutkan  berdzikir dan doa. Tidak ada doa tertentu setelah melaksanakan sholat tahajud. Berdoalah dan meminta ampunan serta sebutkan keinginan kepada Allah SWT.

Sholat tahajud menjadi sholat sunnah yang utama setelah sholat fardhu. Sholat tahajud dikerjakan minimal 2 rakaat dengan jumlah maksimal rakaat yang tidak terbatas.

Jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah Saw, maka lakukanlah sholat tahajud 2 rakaat sebanyak 4 kali dan ditutup dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat. (dtc/ Edi Sukarno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *