H. Musa Rajekshah Lantik IPHI Tebingtinggi Periode 2019 – 2024

January 26, 2021 |
20210126_202741

Pitiindonesia.com @ Tebingtinggi – Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus, diperlukan pengorbanan dan pengabdian untuk mencapai tujuan kemaslahatan umat muslim.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) H. Musa Rajekshah, Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut, saat melantik Pengurus IPHI Kota Tebingtinggi periode 2019 – 2024 di Gedung Balai Kartini, Jalan Gunung Leuser, Kota Tebingtinggi, Selasa (26/1/2021).

Pelantikan ditandai dengan pembacaan surat keputusan Ketua IPHI Sumut Musa Rajekshah, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh Pengurus IPHI Tebingtinggi dan ditutup dengan penyerahan bendera pataka kepada Ketua PD IPHI Kota Tebingtinggi Saman Marzuki.

Musa Rajekshah mengaku salut dengan Ketua IPHI Tebingtinggi, mengingat sosok Saman Marzuki yang kini sudah memasuki usia yang ke-81 tahun. “Salut saya sama Ustadz Saman ini, sudah 81 tahun masih mau jadi Ketua IPHI,” puji Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck menjelaskan, berdasarkan sejarah perjalanan IPHI Tebingtinggi, Saman sudah aktif sejak tahun 1975 hingga kini terpilih menjadi ketua. “Dari dulu sampai sekarang beliau ini terus aktif di IPHI, kita apresiasi,” ungkap Ijeck.

Disampaikan juga, kegiatan IPHI bertujuan untuk kemaslahatan umat, bagaimana umat yang sudah melaksanakan ibadah haji bisa menjadi haji yang mabrur sepanjang masa. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus, katanya, memerlukan pengorbanan dan pengabdian untuk mencapai tujuan kemaslahatan umat.

Ijeck berharap, sinergitas yang telah ada antara IPHI Tebingtinggi dan Pemerintah Kota Tebingtinggi bisa lebih ditingkatkan. “Dengan adanya  IPHI Kota Tebingtinggi, saling bantu membantulah bersama Pemko Tebingtinggi, bagaimana supaya iman dan taqwa masyarakat kita semakin meningkat. Agar kiranya nanti Kota Tebing mendapatkan keberkahan Allah SWT,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, mengapresiasi IPHI Tebingtinggi karena selama ini sudah banyak berpartisipasi untuk membangun Kota Tebingtinggi.

“IPHI adalah organisasi yang sudah banyak berbuat untuk Tebingtinggi, bukan hanya untuk pelaksanaan keberangkatan ibadah haji, tapi juga sering menggelar ta’lim dan kegiatan sosial lainnya. Pemko Tebingtinggi mengucapkan terima kasih telah banyak berbuat dan bermitra dengan Pemko Tebingtinggi untuk bangun masyarakat yang berakhlak,” jelas Umar.

Selanjutkan, Ketua IPHI Tebingtinggi Saman Marzuki, menjelaskan, sejak tahun 1975, di Kota Tebingtinggi sudah terbentuk wadah Perhimpunan Haji. Pada masa itu, kegiatan manasik berjalan cukup meriah hingga diikuti dari berbagai daerah seperti Serdangbedagai, Simalungun dan Asahan. Hingga akhir tahun 1990, IPHI terbentuk di seluruh tanah air. Sampai sekarang, IPHI terus melaksanakan tugas membantu program manasik haji.

Saman menegaskan, IPHI Kota Tebingtinggi tetap berkomitmen bersinergi dengan Pemko Tebingtinggi dalam mewujudkan pembangunan dalam bidang agama. “Tetap jaga dan membina, menjalin ukhuwah, menjadi mitra pemerintah,” jelas Saman.

Hadir dalam pelantikan tersebut Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar, Kepala Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis, Ketua DPRD Tebingtinggi Basyarudin Nasution, Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso, Ketua Pengadilan Agama Tebingtinggi Ibrahim Lubis, mewakili Dandim 0204 DS Danramil  XII Kapten Inf Budiono, mewakili Kajari Tebingtinggi Alfin Ziawa, Ketua MUI Tebing Tinggi Akhyar Nasution, para Pengurus IPHI Sumut, serta alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *